You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Potensi Porang Banjararum

Administrator 27 September 2021 Dibaca 1.380 Kali
Potensi Porang Banjararum

Popohan merupakan salah satu Padukuhan di Banjararum yang letaknya di lereng pegunungan. Sebagian besar masyarakatnya memanfaatkan lahan yang ada untuk bercocok tanam meskipun kondisi lahannya kering dan jauh dari irigasi. Melihat kondisi yang demikian, Bayu Permadi seorang petani Millenial dan dibantu ayahnya mencoba untuk membudidayakan tanaman porang. Porang merupakan tanaman umbi-umbian yang bisa digunakan sebagai bahan makanan ataupun bahan baku industry kosmetik dan obat-obatan.

Awal mula tercetus ide untuk membudidayakan porang adalah ketika Bayu berkunjung ke Madiun, Jawa Timur. Dari situlah dia pulang membawa katak porang kemudian menanamnya. Ada 1.000 bibit porang yang coba ditanam kemudian dalam delapan bulan kemudian telah berhasil panen.  Setiap katak yang ditanam akan menjadi umbi porang dengan berat 3-5 kg dalam 2 musim.

Menanam porang tidak memerlukan perawatan yang rumit serta cocok dilakukan dijenis tanah apapun. Dalam perawatanya Bayu hanya menggunakan pupuk kandang yang dia peroleh dari kotoran ayam broiler peliharaannya. Kemudian untuk penjualan juga sangatlah mudah. Pengepul akan berdatangan untuk membeli hasil panenan dengan harga yang menggiurkan.

"Umbi yang besar kami jual,dan untuk umbi yang masih kecil kami tanam lagi dengan katak porang ,rencana 10.000 bibit kami tanam di musim ini", kata Bayu Permadi.

Melihat proses penanamannya yang mudah dan hasil yang memuaskan, bisa menjadi alternatif bagi warga Banjararum untuk memanfaatkan lahan dengan menanam porang. Peran petani muda Millenial juga dibutuhkan dalam pembudidayaan porang ini untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu juga banyak lahan di Banjararum yang masih luas dan belum dioptimalkan dengan baik.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image