You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Pemerintah Banjararum Selenggarakan Lomba Tanaman Obat Keluarga

Administrator 14 Oktober 2021 Dibaca 1.332 Kali
Pemerintah Banjararum Selenggarakan Lomba Tanaman Obat Keluarga

Banjararum.ID-Tanaman Obat Keluarga atau disingkat dengan TOGA adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat obat. Sebagai hasil budidaya rumahan TOGA terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan dan serangan radikal bebas. Selain itu TOGA juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Tanaman obat banyak sekali macamnya, sehingga kita dituntut lebih tahu mengenai tumbuhan apa saja yang mempunyai fungsi sebagai obat dan bisa menyembuhkan penyakit.  Di Indonesia ada sekitar 30.000 jenis tanaman obat. Dari jumlah tersebut sekitar 7500-9600 tanaman berpotensi sebagai obat. Ada sekitar 8500 jenis tanaman yang telah diteliti dan ada 300 spesies yang telah digunakan sebagai obat tradisional.

Dalam rangka mendorong masyarakat memiliki tanaman obat keluarga atau TOGA, pemerintah Kalurahan Banjararum bekerjasama dengan Kalyanamitra dan Puskesmas Kalibawang, menyelenggarakan Lomba Tanaman Obat Keluarga. Lomba ini khusus untuk masyarakat di Kalurahan Banjararum. Diwajibkan bagi semua padukuhan di Banjararum ikut berpartisipasi dalam lomba ini dengan minimal menyediakan 1 lokasi Tanaman Obat Keluarga.

Adapun kriteria yang dinilai dalam lomba ini adalah sebagai berikut:

  1. Keberagaman tanaman obat (minimal 10 tanaman disatu lokasi Tanaman Obat Keluarga)
  2. Mampu memahami nama dan fungsi tanaman
  3. Mengetahui cara mengolah dan memanfaatkan tanaman obat
  4. Tata letak tanaman obat
  5. Teknik penanaman
  6. Pencatatan administrasi
  7. Pemanfaatan obat sebagai nilai ekonomi
  8. Keorganisasian

Penilaian lomba akan dilansungkan mulai awal Bulan November 2021. Juri lomba yang terdiri dari Perwakilan Pemerintah Kalurahan Banjararum, Perwakilan Puskesmas Kalibawang dan Perwakilan Pengurus PKK Kalurahan Banjararum akan berkeliling ke semua pedukuhan untuk menentukan Toga dari padukuhan mana yang akan memperoleh juara. Lomba ini memperebutkan total hadiah 5 juta rupiah.****

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image