You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Kontingen Banjararum Raih Juara II Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya Tahun 2021

Administrator 29 Oktober 2021 Dibaca 1.282 Kali
Kontingen Banjararum Raih Juara II  Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya Tahun 2021

Banjararum.ID- Kontingen Banjararum berhasil menjadi penyaji terbaik kedua dalam ajang Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo. Pengumuman pemenang dilaksanakan Kamis, 28 Oktober 2021 di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo dan dengan total nilai 1020 Kontingen Banjararum keluar sebagai penyaji terbaik kedua.

 

Dalam penampilannya Kontingen Banjararum mementaskan pertunjukan Sendratari dengan judul " Angkah Banjar " , yang menggambarkan keseharian sebagian masyarakat Kalurahan Banjararum dalam memanfaatkan dan mengolah daun pandan berduri. Menampilkan aktifitas sehari-hari dalam proses pengolahan daun pandan berduri (Nganyam) yang ditampilkan dalam sebuah  gerak tari.

 

Nganyam sendiri merupakan serangkaian proses yang harus mereka lakukan  setiap hari agar mampu menghasilkan produk kerajinan bermanfaat. Adapun produk-produk yang dihasilkan berupa tikar, topi dan masih banyak yang lainnya. Sebelum menjadi produk-produk tersebut bahan yang pertama dihasilkan adalah serat pandan. Proses inilah yang menjadi inspirasi karya ini .

 "Angkah Banjar " dapat diartikan sebagai kreativitas dan inovasi kerajinan serat pandan di Kalurahan Banjararum. Semangat, terampil serta kemauan dalam menciptakan barisan serat pandan menjadi anyaman yang indah dalam kesatuan dan menjadikan kegunaan bagi banyak orang.

 

Cahya Budi Rahmanto selaku sutradara tak kuasa menahan haru akan hasil yang sangat membanggakan ini.  " Matur nuwun kepada teman-teman pemusik dan penari yang selalu bersemangat dalam latihan, mengorbankan tenaga, waktu dan keluarga demi Banjararum tercinta, " kata Cahya sembari terisak. Tidak lupa dia juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kalurahan dan semua pihak yang telah mendukung.

 

Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya sudah menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo sebagai ajang penampilan potensi seni dan budaya yang ada di seluruh Desa Rintisan Budaya. Untuk tahun ini diikuti oleh  25 Kontingen dan berlangsung 21-28 Oktober 2021 di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo. 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image