You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Survey Mawas Diri (SMD), kenali masalah di wilayahmu ....!

Administrator 24 Februari 2021 Dibaca 4.635 Kali
Survey Mawas Diri (SMD), kenali masalah di wilayahmu ....!

Banjararum, 24 Februari 2021.UPTD Puskesmas kalibawang melaksanakan survei mawas diri di balai kalurahan Banjararum.

Survey Mawas Diri (SMD) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat.

 

Kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini difasilitatori oleh uptd puskesmas kalibawang  kemudian dihadiri oleh kamituwo, dukuh, ibu kader dan tokoh masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk Identifikasi permasalahan yg ada di masyrakat baik dari sudut pandang kesehatan, lingkungan dan sosial.

Dari permasalahan yang ada tsb kemudian dibuat skala prioritas dan dicari solusi pemecahan masalah tersebut di acara musyawarah masyarakat desa (MMD).

 

Beberapa permasalahan yang menjadi perhatian di Banjararum antaralain masih banyak perokok aktif, balita kurang gizi, Spal terbuka, jamban cemplung dan hipertensi tidak berobat. Dalam survei yang dilakukan kepada peserta yang hadir dengan mempertimbangkan faktor urgency, seriously, growth dan tingkat kemudahan mengatasi  menghasilkan urutan masalah balita gizi kurang menjadi prioritas utama , kemudian hipertensi tidak berobat , jamban cemplung, perokok aktif , spal terbuka dan permasalahan yang lainnya.

 

Sejauh ini pemerintah kalurahan banjararum sudah berupaya maksimal untuk mengurangi permasalahan yang ada, tetapi karena memang permasalahan yang dihadapi terlalu kompleks sehingga masih ada beberapa permasalahan yang sama disetiap tahunnya. Harapannya masyarakat bisa bersama-sama membatu atau berupaya untuk mengatasi permasalahan yang ada demi kondisi masyarakat dan lingkungan yang lebih baik. Red_Plo

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image