You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

TaJu : “Tandur Maju” Ala Anak Sub Unit KT. Mandala Cipta , Padukuhan Ngentak

Administrator 08 Maret 2021 Dibaca 2.096 Kali
TaJu : “Tandur Maju” Ala Anak Sub Unit KT. Mandala Cipta , Padukuhan Ngentak

Ngentak – (Minggu, 07/03) Sub Unit Karang Taruna Mandala Cipta Dusun Ngentak mengadakan kegiatan tanam padi bersama. Kegiatan ini diikuti oleh semua anggota karang taruna yang berjumlah sekitar 40 orang terdiri dari anak SMP sampai yang sudah berumah tangga. Kegiatan ini juga dihadiri oleh 5 orang tamu, 1 orang dari PHBI (Pusat Bantuan Hukum Indonesia) Jogja, 2 orang dari Dapur Sembungan untuk Solidaritas COVID 19, dan 2 orang dari LabHauss Yogyakarta. Tanam padi kali ini dimulai pada pukul 07.30 WIB dan selesai pada pukul 12.00 WIB. Tanam padi yang mereka lakukan menggunakan “plot” atau biasa disebut dengan “garet”. Mekanisme penanamannya juga unik, yang biasanya tanam padi dilakukan secara mundur (dari depan ke belakang dan badan membelakangi) tapi untuk hal ini tanam padi dilakukan maju. Jadi yang dulunya bernama “tandur” sekarang berubah menjadi “taju”. Hal menarik lainnya, kegiatan ini dilakukan oleh anak muda tidak memandang itu laki-laki maupun perempuan semua memiliki tanggungjawab masing-masing. Kegiatan tanam padi ini rutin dilakukan oleh Sub Unit Karang Taruna Mandala Cipta setiap masa tanam tiba. Kegiatan pertanian ini dilakukan secara kolektif oleh para anggota Sub Unit KT. Mandala Cipta sejak tahun 2015. Dalam kegiatan pertanian ini Sub Unit KT. Mandala Cipta mengelola sawah kas desa seluas 1500m2 dengan sistem lelang setiap tahunnya. Dari hasil kegiatan pertanian, Sub Unit KT. Mandala Cipta mendapat income untuk kas disetiap kali masa tanam.

Kegiatan ini masih sangat menarik karena temen - temen mandala cipta penuh semangat dan suka cita, hal terpenting yang terlibat dalam kegiatan ini seimbang antara laki-laki dan perempuan. Saya hanya bisa menemukan laki-laki menanam ya di mandala cipta ini. Saat ini temen-temen sudah lebih tahu tentang benih yang ditanam pupuk, yang ditanam, serta mekanisme pengerjaan lahan. Kegiatan tandur tadi cukup cepat juga, ini berarti bahwa jika ada kerjasama ternyata pekerjaan yang berat bisa jadi ringan. Pesan saya : terus dilakukan, kegiatan ini dapat menginspirasi, mengedukasi dan mendorong pemuda lain untuk dapat bertani. Selain itu terus tingkatkan pengetahuan tentang bertani organik, karena itu dapat menguntungkan dari aspek ekologi, dan ekonomi. Sukses terus temen – temen mandal cipta”. (Hani Widjaya - Pegiat Labhauss Yogyakarta)

Tandur ini merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi para anggota Sub Unit KT Mandala Cipta. Disini mereka dapat belajar mengenai pertanian, bisa sharing cerita juga, dan bisa bercanda bersama teman-teman. Sub Unit KT. Mandala Cipta melakukan kegiatan kolektif ini dengan tujuan untuk menggeser stigma negatif anak muda tentang pertanian. Dari yang dulunya merasa jijik dan kotor jika ke sawah tapi mereka sudah tergerak hatinya untuk ikut membantu orang tuanya ke sawah. Dewasa ini, sedang terjadi krisis regenerasi petani (usia petani di Indonesia lebih dari 60�rusia diatas 65 tahun). Melihat kondisi demikian, adanya pertanian kolektif yang dilakukan anak muda di mandala cipta ini dapat mendorong anak muda lain untuk bisa terjun ke pertanian.

"Kegiatan yang luar biasa,semoga kekompakan dan semangat selalu terjaga, untuk mencapai tujuan yg Dicitakan, dan yang paling penting berkah untuk semuanya, good job padukuhan ngentak juga utk kalurahan banjararum, kapanewon kalibawang, kulonprogo. Salam semangat dari sahabat di condongcatur, depok sleman
Novita savitri 08 Maret 2021
"Jossss
Sugeng 08 Maret 2021
"semangat untuk anak muda mandala cipta
jamaludin al hidayat 08 Maret 2021
"Salut buat anak anak dukuh ngentak,di kalurahan banjararum,kapanewon kalibawang, selamat buat pak lurah.masih ada anak anak muda yang mau bertani ,sebagai isu global,mudah mudahan ada,LSM yang membantu,dalam kegiatan pertanian secara kolektif,bravo petani muda.(markisa pikeun jalma ngora). Nuhun sadaya
Acep 08 Maret 2021
"Hebattt,, teman-teman Mandala Cipta selalu menginspirasi. Bertani kolektif yang digerakkan oleh generasi muda ini sangat penting bagi keberlanjutan generasi pertanian dan pangan mandiri. Praktik bertani kolektif yang juga mengedepankan praktik ramah lingkungan, lebih lanjut dapat menjadi solusi atas krisis lingkungan dan krisis ketergantungan atas pupuk/pestisida kimia yang selama ini diproduksi oleh perusahan. Semangattt dan teruss berlanjut inovasi baiknya!!
Aprilia 08 Maret 2021
"Selamat kawan-kawan Mandala Cipta. Selama ini selalu mendengar berita kalau anak-anak muda tidak tertarik bertani dan regenerasi pertanian yang suram. Berkenalan dengan teman-teman Mandala Cipta, termasuk berkesempatan mengetahui kiprah-kiprahnya, membuat saya yakin masih ada harapan regenerasi pertanian. Terima kasih sudah menginsiprasi kami! Sehat selalu.
Yulia Indri Sari 09 Maret 2021
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image