You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Peluang Ekonomi yang Menjanjikan Dari Padukuhan Degan 1

Administrator 02 Juni 2021 Dibaca 1.329 Kali
Peluang Ekonomi yang Menjanjikan Dari Padukuhan Degan 1

Banjararum.ID- Padukuhan Degan 1, merupakan salah satu padukuhan yang ada di Kalurahan Banjararum. Di salah satu wilayah yang biasa disebut oleh Masyarakat sebagai Kalikutes ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Hal ini karena wilayah Kalikutes hampir dikelilingi oleh area persawahan yang dilatarbelakangi wilayah perbukitan. Wilayah Kalikutes dihuni oleh sekitar 60 kepala keluarga dengan berbagai macam mata pencaharian.

 

Sebagian besar masyarakat di Kalikutes bermata pencaharian sebagai petani karena wilayahnya yang dikelilingi oleh area persawahan. Ada yang menanam padi, cabai, sayuran, bawang merah dan semangka pada musim – musim tertentu. Sehingga walaupun dimasa pandemi masyarakatnya bisa bertahan dan bisa tetap menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

 

Selain sebagai petani, ada beberapa produksi yang dihasilkan oleh masyarakat setempat, Salah satu produksi yang terkenal dari wilayah ini adalah Tahu Kalikutes, yang merupakan salah satu ikon dusun ini. Tahu Kalikutes merupakan industri tahu “Terpadu” yang telah berdiri sejak tahun 1971. Usaha ini adalah usaha keluarga yang sudah diteruskan oleh generasi yang kedua. Walaupun sempat mengalami pasang surut, akhirnya usaha ini dapat bersaing dan mengalami kemajuan. Bahkan saat ini produksi tahu semakin meningkat untuk memenuhi pesanan e-warung setiap bulannya.

 

Selain tahu Kalikutes, ada usaha lain yang banyak diminati masyarakat, yaitu beternak bebek petelur. Sudah ada sekitar 10 keluarga yang menekuni usaha ini dengan jumlah hampir sekitar 1800 ekor dan selalu menghasilkan telur – telur yang berkualitas. Peternak bebek juga memanfaatkan ampas tahu untuk tambahan pakan mereka sehingga bisa saling menguntungkan antara peternak dan pengrajin tahu.

                

Usaha lain yang juga sangat membantu perekonomian kehidupan masyarakat di wilayah Kalikutes, khususnya untuk ibu – ibu yaitu usaha kerajinan anyaman. Usaha anyaman ini biasa dikumpulkan di pengepul yang juga bertempat tinggal di daerah Kalikutes. Usaha kerajinan ini membuka peluang yang sangat besar untuk ibu – ibu dalam menambah penghasilan.

 

Bapak Kasman selaku pengepul, saat ini telah memperkerjakan kurang lebih 25 orang ibu – ibu yang berasal dari Degan 1, Degan 2, Ngentak, Sentul, dan Mejing untuk membantu memenuhi semua pesanan – pesanannya agar memenuhi target. Kerajinan ini sangat diminati oleh ibu – ibu karena bisa dikerjakan di rumah masing- masing dan waktunya pun tidak terikat sehingga tidak mengganggu pekerjaan rumah tangga.

 

Inilah keberagaman mata pencaharian masyarakat di dusun Degan 1 khususnya Kalikutes. Ternyata di dusun kecil ini tersimpan banyak sekali potensi dan peluang ekonomi yang sangat baik.*****

 

Kontributor: Siti Munjiyat (Degan 1)

Editor: Oktoriani

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image