You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

Geregetan, petani basmi hama keong


Geregetan, petani basmi hama keong

Banjararum, 21 Februari 2021. Persiapan jelang masa tanam ke-2 petani mulai mempersiapkan lahan dan juga antisipasi serangan hama. Hampir disemua wilayah Banjararum sudah akan menanam padi pada akhir februari sampai pertengahan maret mendatang. Tetapi dalam persiapan tanam padi musim ini petani cukup mengkhawatirkan serangan hama keong.

 

Di bulak degan misalnya, yang berencana lebih awal melakukan tanam padi mendapati keong yang masih kecil dan lumayan banyak. Sudarman yang merupakan dukuh klepu dan juga merupakan anggota gabungan kelompok tani mengingatkan kepada petani yang mempunyai lahan sawah di bulak degan.

"Tolong sampaikan ke warga yg nyawah  di bulak degan agar setelah digaru keong mas diambil dimasukkan wadah, bulak degan keong mas luar biasa mumpung belum tanam mari bersama sama kita kendalikan kalo sudah tanam  agak repot"- Seruan Sudarman dalam sebuah pesan elektronik.

 

Keong mas adalah hewan yang sering merusak tanaman padi. Umumnya hewan ini akan merusak tanaman padi yang baru ditanam dengan cara memarut jaringan tanaman lalu memakannya. Selanjutnya, bekas potongan daun dan batang yang tersisa akan terlihat mengambang. Sementara itu, serangan parah dapat mengakibatkan tanaman padi yang baru di tanam menjadi habis total. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur dan dinilai sangatlah cepat dalam perkembangannya. Untuk itu masyarakat khususnya petani diminta tetap mewaspadai serangan hama keong maupun yang lainnya

Bagikan artikel ini: