You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

Tampil memukau, Kalibawang Juara Lagi


Tampil memukau, Kalibawang Juara Lagi

Wates, Banjararum News-- Dalam upaya  melestarikan warisan adat dan tradisi, Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo menggelar Festival Upacara Adat Antar Kapanewon.  Festival digelar di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo dan berlangsung sejak Rabu 24 Maret s.d Sabtu 27 Maret 2021, diikuti oleh 12 Kapanewon se Kulon Progo. 

Berdasarkan penampilan dari 12 penyaji, dewan juri akhirnya memutuskan tim upacara adat "GARBA WEDANA" dari Kapanewon Kalibawang menjadi Penyaji Terbaik Pertama. Sebuah pencapaian yang luar biasa mengingat dalam ajang Festival Langen Carita beberapa hari yang lalu Kapanewon Kalibawang juga menjadi yang terbaik. 

Sutradara tim Tugiyono, mengaku terkejut sekaligus senang dengan hasil ini karena persiapan tim yang sebenarnya kurang optimal. "Benar-benar nggak mengira mas, tapi inilah hasil usaha keras teman-teman, " ujarnya terharu.

Dalam festival kali ini dengan didukung 8 penari, 8 pemusik dan 4 kru pendukung, tim "GARBA WEDANA" menampilkan upacara adat Mitoni atau ritual masyarakat jawa saat usia kehamilan memasuki bulan ke- 7. Para penari melakukan adegan-adegan ritual secara berurutan mulai dari siraman, brojolan, angrem, dodol dawet hingga pembagian takir pontang dengan diiringi musik yang selaras. 
Rangkaian ritual merupakan simbol yang sarat akan makna luhur, sebuah doa dan harapan akan keselamatan sang ibu dan calon bayi.

Bagikan artikel ini: