You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Tingkatkan Stamina Tubuh Dengan Tanaman Obat Keluarga

Administrator 31 Mei 2021 Dibaca 1.115 Kali
Tingkatkan Stamina Tubuh Dengan Tanaman Obat Keluarga

Banjararum.ID- Ada banyak tanaman yang berpotensi digunakan sebagai obat yang tumbuh di sekitar kita, hanya saja terkadang kita tidak mengetahui manfaat dari tanaman tersebut. Namu belakangan ini ada kecenderungan gaya hidup baru yang ada di masyarakat kita yaitu kecenderungan masyarakat untuk back to nature atau kembali ke alam. Hal ini menarik karena sudah dari jaman dulu alam telah menyediakan apa yang dibutuhkan oleh manusia, termasuk aneka tanaman yang bisa digunakan sebagai obat.

 

Mendorong masyarakat untuk kembali ke alam dengan memanfaatkan tanaman dan memeiliharanya  inilah yang menjadi salah satu pokok bahasan dalam kegiatan Kaderan  bulanan di Kalurahan Banjararum. Untuk bulan Mei ini, kegiatan kaderan dilaksanakan pada hari senin, 31 Mei 2021 bertempat di Aula Kalurahan Banjararum. Hadir dalam kegiatan ini adalah para bidan dari Puskesmas Kalibawang dan Kader Posyandu perwakilan dari masing-masing padukuhan.

 

Ibu Fifi Yanti, S.KM, Promotor Kesehatan Puskesmas Kalibawang mengharapkan agar kader Posyandu untuk bisa mendorong adanya Tanaman Obat Keluarga atau Toga di masing-masing wilayahnya. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia memiliki 30.000 jenis tanaman obat. Dari jumlah tersebut sekitar 7500-9600 tanaman berpotensi sebagai obat. Ada sekitar 8500 jenis tanaman yang telah diteliti da nada 300 spesies yang telah digunakan sebagai obat tradisional.

 

Pengobatan tradisional sendiri sudah dimanfaatkan secara turun temurun di Indonesia. Berdasarkan data dari Riskesdas tahun 2010, ada sekitar 59,12% penduduk Indonesia menggunakan ramuan tradisional (jamu) untuk memelihara kesehatannya dan 95,6% diantaranya mengakui ramuan tradisional sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, berdasarkan Riskesdas 2013 ada 30,4% rumah tangga memanfaatakan Pelayanan Kesehatan Tradisional (Yankestrad)

 

Toga penting dimiliki setiap rumah tangga yang ada karena Toga murah, aman dan mudah di dapat karena ada disekitar kita. Selain itu ada manfaat lain yang dapat di peroleh dari Toga, yaitu dapat meningkatkan asupan gizi keluarga, menciptakan keindahan dan penghidupan lingkungan, untuk melestarikan budaya bangsa, menggali jenis tanaman lokal asli daerah setempat/tanaman langka yang berkhasiat obat, menambahkan pendapatan keluarga.

 

Hal lain yang juga disampaikan dalam pertemuan bulanan ini adalah informasi PANDAWA atau Pendaftaran Online Layanan dari UPTD Puskesmas Kalibawang yang sudah aktif kembali. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan dari UPTD Puskesmas Kalibawang dapat melakukan pendaftaran online melalui WhatsAppa/SMS ke 0811-2954-334. Format pendaftaran: DAFTAR_Nama_Alamat_Poli_No. RM_No. Jaminan. Sementara untuk aduan/saran dengan format: ADUAN/SARAN_Nama_Alamat_Isi Aduan/Saran. Sedangkan Batas Waktu Pendaftaran Online: Senin-Jumat: Jam Pelayanan: 07.00-10.00. Jumat-Sabtu: Jam Pelayanan: 07.00 - 09.00. Minggu Tidak Melayani Pendaftaran.****

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image