You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

Perangi DBD, Banjararum galakkan PSN


Perangi DBD,  Banjararum galakkan PSN

Banjararum - Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)  merupakan salah satu upaya dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat agar masyarakat terhindar dari serangan penyakit, terutama penyakit demam berdarah atau DBD. Di samping mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit DBD, gerakan ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Di kalurahan banjararum gerakan PSN dilakukan rutin setiap awal bulan, yaitu di hari Minggu. Dilaksanakan serentak di 26 Padukuhan dan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama para kader kesehatan dan ibu-ibu PKK.

Seperti yang dilakukan oleh warga masyarakat Padukuhan Puser Minggu 7 Maret 2021, yang dipimpin langsung oleh Dukuh Puser, Makirjo.

Gerakan PSN dilakukan dengan melaksanakan 3M Plus, yaitu :

  1. Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum dan lain-lain.
  2. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti gentong, drum, ember dan lain-lain.
  3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Sedangkan Plus-nya adalah kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti:

  1. Menabur bubuk larvasida pada tempat penampungan air
  2. Menggunakan obat nyamuk
  3. Memakai kelambu saat tidur
  4. Memelihara ikan pemakan jentik
  5. Menanam tanaman pengusir nyamuk
  6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah
  7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi sarang nyamuk.
Bagikan artikel ini: