Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Mandala Cipta … Sub Unit Karang Taruna " keren " dari padukahan Ngentak

23 Juni 2021 14:20:18  Administrator  523 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Banjararum.ID- “Ora Srawung Rabimu Suwung” demikianlah slogan andalan kumpulan remaja muda di Dusun Ngentak. Kumpulan remaja tersebut tregabung dalam Sub Unit Karang Taruna Mandala Cipta. Slogan ini bermakna bahwa jika kamu tidak mau bersosialisasi di masyarakat maka pernikahan atau setiap kamu mengadakan acara tidak ada teman yang akan datang untuk membantu. Slogan ini sangat singkat tapi cukup dalam pemaknaannya.

Membahas mengenai Sub Unit Karang Taruna Mandala Cipta, mari kita perdalam profil organisasi tersebut. Berawal dari perkumpulan anak – anak muda yang suka nongkrong dan sekedar ngobrol bersama kemudian muncul dorongan untuk menyatukan para pemuda khususnya dalam keorganisasian. Tepatnya pada tahun 1991 dibentuklah Karang Taruna Mandala Cipta yang terletak di Dusun Ngentak, Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Nama Mandala Cipta berasal dari kata Mandala berarti tempat dan Cipta berarti berkarya, yang diharapkan bisa menjadi wadah kreatifitas dan saluran aspirasi anak muda di Dusun Ngentak.

Dimulai dari kegiatan yang hanya rapat rutin dan didalamnya membahas arisan, seiring berjalannya waktu dengan keterbatasan yang ada perlahan – lahan Karang Taruna mulai menjalankan  keorganisasiannya. Di awal pendirian belum ada susunan pengurus yang pasti sehingga setiap acara yang dilakukan evaluasinya adalah kegiatan yang belum terkoordinir secara baik. Oleh karena itu disepakati untuk membentuk susunan kepengurusan yang dilakukan saat pertemuan atau rapat rutin Karang Taruna dengan mengundang tokoh masyarakat sekitar.

Setelah adanya kepengurusan membawa pengaruh baik bagi Karang Taruna Mandala Cipta. Karang Taruna dapat berjaya mengembangkan sayapnya dalam kegiatan – kegiatan di masyarakat. Dalam perjalanannya Karang Taruna banyak mengembangkan kegiatan sosial seperti bakti sosial, kerja bakti, dst.

Pada awalnya Karang Taruna Mandala Cipta terkenal dengan kegiatan dibidang seninya. Hal ini dikarenakan dulu banyak mengadakan acara pentas seni di masyarakat. Namun sesuai perkembangannya Karang Taruna juga melakukan kegiatan – kegiatan lain di masyarakat.  Kegiatan – kegiatan tersebut diantaranya, dalam bidang keolahragaan dengan mengadakan turnamen bola voli, untuk mencari bibit - bibit atlet voli putra/I, dalam bidang sosial banyak melakukan kegiatan bakti sosial yang sasarannya masyarakat lokal (lansia yang kurang mampu), dalam bidang pertanian adanya pengelolaan sawah kas.

Kegiatan dalam pertanian inilah yang kemudian saat ini menjadi salah satu kegiatan yang paling berkembang dalam Karang Taruna Mandala Cipta Dusun Ngentak. Hal tersebut karena kegiatan tersebut telah cukup membantu perekonomian Karang Taruna. Bahkan karena banyak anggota yang berpartisipasi disepakati dengan adanya “Pertanian Kolektif”, yaitu kegiatan pertanian yang dilakukan secara bersama-sama oleh anggota Karang Taruna.

Sebagai sebuah organisasi di tingkat dusun, Karang Taruna Mandala Cipta mampu menjadi organisasi pemuda yang mandiri dengan melakukan kegiatan-kegiatannya secara rutin. Untuk mengikat anggotanya, dalam bidang keorganisasiannya terdapat iuran dan kas rutin, dan adanya transparansi keuangan. Satu hal yang tidak kalah penting dilakukan organisasi ini adalah kaderisasi, dengan harapan organisasi ini tetap bisa berjalan walau anggota dan kepengurusannya berganti.****

 

Kontributor: Lutfi Galih Alifianto 

Editor: Oktoriani

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Persandian No. 06, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo
Kalurahan : BANJARARUM
Kapanewon : KALIBAWANG
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55672
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:135
    Kemarin:379
    Total Pengunjung:31.915
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.24.209
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 67.664 Kali
Sejarah Desa
05 Maret 2019 | 67.660 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 67.630 Kali
Pemerintah desa
05 Maret 2019 | 67.623 Kali
Profil
19 November 2019 | 67.598 Kali
coba
05 Maret 2019 | 67.596 Kali
Visi & Misi Kalurahan Banjararum
05 Maret 2019 | 67.593 Kali
Data Desa

Statistik SID