You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Bedug Bergema, MTQ resmi dibuka

Administrator 20 Maret 2021 Dibaca 1.242 Kali
Bedug Bergema, MTQ resmi dibuka

Kalibawang, SID Banjararum-- Bertempat di Komplek Kantor Kapanewon Kalibawang, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021 resmi dibuka Sabtu, (20/3/202) pagi.
Acara pembukaan ditandai dengan Pemukulan Bedug oleh Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo didampingi Ketua LPTQ, Ketua DPRD Kulon Progo dan Panewu Kalibawang. 

Dengan mengambil tema "DENGAN MTQ WUJUDKAN GENERASI MUDA YANG RELIGIUS UNTUK MENYONGSONG MASA DEPAN KULON PROGO" MTQ tahun ini diikuti khilafah dari 12 Kapanewon se-Kulon Progo. Sedangkan untuk penyelenggaraan menggunakan beberapa tempat, diantaranya Gedung MAN 3 Kulon Progo, Gedung SMP N 1, Gedung SMP N 2, Aula Kalurahan Banjarharjo dan Komplek Kantor Kapanewon Kalibawang. 

Dikarenakan masih dalam masa pandemi Covid-19, maka  MTQ kali ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di samping itu, waktu penyelenggaraan juga dipersingkat dan berlangsung hanya satu hari.

Sedikit mengenai bedug yang digunakan dalam acara pembukaan, adalah bedug "Kyai Gayam" yang berasal dari Masjid Al-Ikhlas Mejing, Kalurahan Banjararum. Bedug ini sudah berusia 90 tahun atau dibuat setelah berdirinya Masjid Al-Ikhlas pada tahun 1931 silam. Menurut keterangan takmir masjid Al-Ikhlas, pada waktu itu bedug ini merupakan sarana syiar agama Islam di wilayah Mejing dan sekitarnya. 
Meskipun sudah berusia tua, bedug ini baru sekali mengalami perbaikan yakni pada tahun 1996. Pada saat itu juga bedug dibuatkan rumah agar lebih terlindungi.

Kontributor : Cahya Budi Rahmanto

Editor         : Sunardi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image