You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

KPM Banjararum Ikuti Pembinaan Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo

Administrator 15 Oktober 2021 Dibaca 1.136 Kali
KPM Banjararum Ikuti Pembinaan Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo

Banjararum.ID-Kader Pembangunan Manusia atau biasa disingkat dengan KPM adalah kader masyarakat terpilih yang mempunyai kepedulian dan bersedia mendedikasikan diri untuk ikut berperan dalam pembangunan manusia di Kalurahan terutama dalam monitorng dan fasilitasi konvergensi penaganan stunting.

 

Pembentukan KPM difasilitasi oleh Kementerian Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebagai upaya pencegahan stunting. Tenaga pendamping masyarakat Kalurahan bersama KPM memfasilitasi pemerintah Kalurahan dan masyarakat Kalurahan dalam mencegah stunting di Kalurahan. Maka selanjutnya sebagai pedoman KPM dalam bekerja menggunakan panduan Fasiltasi Konvergensi Pencegahan Stunting di Kalurahan.

 

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan KPM dalam penanganan dan pencegahan stunting di Kalurahan serta untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan KPM dalam melaksanakan tugas penanganan dan pencegahan stunting di Kalurahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Pembinaan KPM Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021. Gelombang pertama kegiatan ini dimulai pada tanggal 4 – 13 Oktober 2021 dengan 4 lokasi yang berbeda.  Untuk wilayah Kapanewon Kalibawang dan Samigaluh kegiatan diadakan pada tanggal 11-13 Oktober 2021 bertempat di Balai Kalurahan Banjararum. Dalam kegiatan ini hadir 22 KPM yang berasal dari 11 Kalurahan, 4 Kalurahan dari Kalibawang dan 7 Kalurahan dari Samigaluh. Di Kabupaten Kulon Progo sendiri saat ini memiliki 176 KPM.

 

Ada 8 materi utama yang disampaikan dalam pelatihan ini yaitu Presentasi analisa masalah Gizi dan Kesehatan, Materi tentang Konvergensi stunting, PDCA (Plan, Do Cek, Action) teori dan praktik, PMBA (Pemberian Makan bagi Bayi dan Anak), pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Komunikasi Antar Pribadi, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan materi tentang pemantauan pertumbukan. Adapun narasumber yang hadir adalah tenaga Ahli Kementerian Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Fasilitator PMBA, Fasilitator STBM dan Tenaga Penyusuh Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo.

 

Stunting sendiri merupakan salah satu masalah gizi yang diakibatkan oleh kekurangan gizi dan/penyakit infeksi yang kronis atau berulang. Kekurangan gizi pada saat bayi didalam kandungan sampai bayi usia 2 tahun (1000 hari pertama kehidupan) dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhaan dan perkembangan semua organ tubuh. Akibatnya pada usia dewasa mereka akan beresiko lebih tinggi menderita penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, dan diabetes, dan beresiko mengalami turunnya fungsi kognitif atau kecerdasan.

 

Kabupaten Kulon Progo menjadi satu dari 100 Kabupaten lokasi Khusus percepatan penurunan stunting. Gambaran stunting pada balita di Kabupaten Kulon Progo dari hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) Tahun 2017 sejumlah 16, 38% sedangkan tahun 2018 sejumlah 14,31%(3157 balita). Tahun 2019 Angka stunting di Kabupaten Kulon Progo ada 12,58Ún pada tahun 2020 ada 11,80%. Sedangkan hasil Riskesdas tahun 2013 balita stunting 26,8% menurun pada tahun 2018 menjadi 22,65%.

 

Ada Lima pilar dalam intervensi konvergensi penanganan stunting, Pertama Komitmen dan visi kepemimpinan dalam hal ini sudah ada peraturan bupati dalam penanganan stunting di daerah nomor 37 tahun 2018; Kedua Kampanye nasional dan perubahan perilaku; Ketiga Konvergensi program pusat, daerah dan Kalurahan/Kelurahan; Keempat Ketahanan pangan dan gizi; Kelima Pemantauan dan evaluasi.****

 

Kontributor: Murti Lestari dan Dian Novi (KPM Kalurahan Banjararum)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image