You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

PETANI PUSING, HAMA KEONG SUSAH DIBASMI

Administrator 02 Maret 2021 Dibaca 1.197 Kali
PETANI PUSING, HAMA KEONG SUSAH DIBASMI

Banjararum- Selasa 2 Maret 2021, memasuki masa tanam, para petani di wilayah Banjararum masih dihantui adanya hama keong emas yang susah dikendalikan. Hampir di semua bulak yang ada para petani masih disibukkan dengan upaya pembasmian hama tersebut. Meskipun  sudah terbiasa menghadapi hama ini, namun petani merasakan hal yang tidak biasanya, begitu banyaknya sehingga khawatir nanti akan berpengaruh pada perkembangan tumbuhan padi yang baru ditanam.  " mboten kados biasane mas, niki jian kathah sanget, kula estu kewalahen, " keluh Sudarman ketua kelompok tani "Ngudi Rejo" padukuhan Klepu. 

Menurut petani yang lain  Sanijo, mengatakan pengendalian hama keong harusnya sudah dilakukan sejak awal pengolahan lahan. " kedahipun saking wiwit bikak lahan," ujarnya. Dengan cara mengambil induk dan juga telur. 

Seperti yang dilakukan beberapa Gapoktan dengan melakukan pembersihan secara masal. Meskipun ada juga yang menggunakan obat kimia yang dicampur dengan pupuk. Cara ini dilakukan setelah masa tanam, bersamaaan dengan pemupukan pertama.

Semua dengan harapan hama keong bisa segera teratasi, dan nanti dapat panen dengan hasil yang melimpah. Red-plo

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image