Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Pemerintah Banjararum Umumkan Pemenang Lomba Video dan Artikel

27 Mei 2021 10:21:32  Administrator  373 Kali Dibaca  Berita Desa

Banjararum.ID- Dalam rangka Ulang Tahun Kalurahan Banjararum yang ke-74 dan Kalyanamitra yang ke-36, Pemerintah Banjararum dan Kalyanamitra bekerjasama mengadakan lomba pembuatan video dan artikel tentang potensi desa dan isu-isu perempuan. Lomba ini dilakukan pada bulan April dan Mei 2021. Lomba ini sebagai bagian dari bagaimana warga memaknai desanya. Dalam konteks penulisan dan film, lomba ini sebagai bagian dari ekspresi warga atas apa yang terjadi dalam lingkungan desa dan bertujuan mengembangkan literasi media di desa.

 

Dalam lomba kali ini, panitia menerima 12 artikel dan 4 video. Artikel dan video yang masuk berisi kegiatan: potensi desa, sejarah desa, perspektif anak muda dan perempuan. Artikel dan video ini penting menjadi inspirasi dalam mengenalkan desa, apa yang terjadi di desa dan bagaimana desa selama ini dibangun oleh warga dan bagaimana cara warga memanfaatkan desa.

 

Ada 3 orang juri yang menilai hasil karya peserta lomba baik Video maupun artikel. 3 orang Juri tersebut terdiri dari Ibu Listyowati (Direktur Kalyanamitra), Alfan Noviar (Produser Tempo TV) dan Luviana (Pemimpin Redaksi Konde.co dan Dosen pengajar Komunikasi). Proses penilaian dari dewan Juri dilakukan pada tanggal 8 Mei 2021. 

 

Pengumuman pemenang lomba Video dan Artikel diadakan pada tanggal 26 Mei 2021 bertempat di Balai Kalurahan Banjararum. Dalam kegiatan kali ini dihadiri semua peserta lomba dan panitia lomba yang terdiri dari tim pengelola SID Banjararum. Hadir pula dalam kesempatan ini Bapak Warudi selaku Lurah Banjararum dan Bapak Sunaryo selaku Carik Banjararum.

 

Dalam smabutannya, Bapak Warudi mengharapkan kreatifitas anak muda Banjararum untuk turut mepromosikan potensi yang ada di Banjararum baik melalui Video maupun tulisan yang bisa ditayangkan di website Kalurahan Banjararum. Bapak Lurah juga mengharapkan bahwa kegiatan lomba ini sebagai langkah awal bagi pemuda Banjararum dalam berkreasi.

 

Senada dengan Bapak Lurah, Bapak Carik Banjararum yang juga sebagai ketua Panitia Lomba mengharapkan partisipasi pemuda untuk turut membangun Kalurahan Banjararum. Bapak Carik juga menyampaikan bahwa semua hasil karya yang sudah dikirimkan dalam lomba menjadi milik pemerintah Kalurahan dan kedepannya akan ditayangkan dalam media social resmi milik desa.

 

Berdasarkan penilian Dewan Juri, juara pertama lomba Video dimenangkan oleh Adiraa Movement dengan judul video “Tentang Sosok Yang Sering dianggap Lemah”. Video ini menarik perhatian juri karena diproduksi dengan gaya drama dokumenter yang mengetengahkan angle perempuan desa dalam kesehariannya. Dengan menampilkan perjuangan perempuan dan kesederhanannya dalam kehidupan sehari-hari, video dilengkapi dengan sorotan kisah-kisah perempuan yang menjadikan video ini menarik dan penting. Sedangkan juara kedua dimenangkan oleh Karang Taruna Mandala Cipta dengan judul Video “Profil Karang Taruna Mandala Cipta”. Video ini berisi kiprah anak muda Karang Taruna. Pengambilan angle yang menarik tentang kiprah anak-anak muda di desa menjadi daya tarik dari video ini. Video ini juga menyemangati bagaimana karang taruna menjadi ruang bagi aktivitas anak muda yang penting di desa dan mendorong untuk menjadi petani muda.

 

Sementara dilomba penulisan artikel Juara satu dimenangkan oleh Siti Munjiyat dengan judul artikel “Peluang Ekonomi Yang Menjanjikan”. Artikel ini berisi bagaimana pedukuhan di Kalurahan Banjararum yang berpotensi mengembangkan keragaman ekonomi masyarakatnya. Kekuatan dari artikel ini karena pemilihan angle tentang keragaman usaha yang ditampilkan serta gaya penulisan yang menarik. Sedangkan juara kedua dimenangkan oleh Rani Mulia Palupi dengan judul artikel “Menuju Kemesu Gemah Ripah loh Jinawi melalui Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani”. Artikel ini berisi cerita tentang Padukuhan Kemesu yang memanfaatkan potensi sumber daya desa dengan pemberdayaan perempuan. Pemilihan angle tentang pemberdayaan perempuan dalam organisasi Kelompok Wanita Tani (KWT) “AKUR” yang mana anggotanya adalah ibu-ibu warga Kemesu ini mempunyai perspektif yang penting tentang apa yang dilakukan perempuan di desa.

 

Hadiah bagi pemenang diserahkan secara langsung oleh Bapak Lurah dan Bapak Carik Banjararum. Untuk mengapresiasi partisipasi lomba, semua peserta mendapatkan hadiah menarik dari pemerintah kalurahan Banjararum. ****

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Persandian No. 06, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo
Kalurahan : BANJARARUM
Kapanewon : KALIBAWANG
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55672
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:49
    Kemarin:515
    Total Pengunjung:51.409
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.157.152
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID