Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Puskesmas Kalibawang Dorong Pembentukan Asman Toga di Kalurahan Banjararum

30 September 2021 12:14:38  Administrator  375 Kali Dibaca  Berita Desa

Banjararum.SID-Asuhan mandiri pemanfaatan Tanaman Obat atau disingkat dengan Asman Toga merupakan salah satu upaya kembali ke alam dengan memelihara dan meningkatkan status kesehatan serta mencegah dan mengatasai masalah atau gangguan kesehatan ringan secara mandiri oleh individu, keluarga, kelompok, masyarakat dengan memanfaatkan Toga. Sementara Toga sendiri merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan rumah dan diramu untuk memelihara kesehatan keluarga. Toga merupakan sumber obat yang mudah, murah, dan aman digunakan untuk mengurangi gejala penyakit-penyakit ringan.

Asman Toga biasanya dipadukan dengan Akupresur yaitu ketrampilan yang dilakukan dengan melakukan penekanan atau pemijatan di titik-titik akupuntur pada permukaan tubuh dengan menggunakan ujung jari atau alat bantu lain untuk perawatan kesehatan. Pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) dan akupresur merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh kader Asman.

Mendorong masyarakat untuk kembali ke alam dengan memanfaatkan tanaman yang berkhasiat obat menjadi salah satu upaya yang saat ini sedang dilakukan oleh Puskesmas Kalibawang dan Dinas Kesehatan Kulon Progo. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pada selasa, 29 September 2021 bertempat di Aula Kalurahan Banjararum, Dinas Kesehatan Kulon Progo bekerjasama dengan Puskesmas Kalibawang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obar Keluarga. Hadir sebagai pembicara dalam pertemuan kali ini adalah Fivi Yanti, S.KM dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo.

Fivi Yanti mendorong agar Kelompok Asman Toga dapat berdiri di Kalurahan Banjararum. Hal tersebut karena kelompok Asman Toga dapat dijadikan sebagai unjung tombak dalam memasyarakatkan kesehatan tradisional. Peran kader Asman Toga menjadi sangat penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap kesehatan tradisional yang sejatinya merupakan warisan leluhur kita.

Kelompok Asman Toga sendiri bisa di bentuk dilingkungan rumah tinggal dengan minimal 5 anggota dan minimal 10 tanaman obat yang bisa dimanfaatkan oleh masing-masing Anggota.

Mendorong terbentuknya Asman Toga juga menjadi sesuatu yang penting mengingat Indonesia merupakan negara yang kaya akan kekayaan alam, sebagian besar kekayaan alam tersebut merupakan tanaman yang berkhasiat obat dan dimanfaatkan secara turun-temurun dan menjadi pilihan masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan. Sebagai contoh tanaman yang banyak disekitar kita antara lain kencur, jahe, salam, temu ireng, daun katu, kunir, daun jambu, adas, seledri dan lain-lain yang dapat di manfaatkan untuk pencegahan, pemeliharaan kesehatan maupun untuk pengobatan gejala penyakit ringan seperti pusing, batuk , pilek, demam dan lain-lain.****

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Persandian No. 06, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo
Kalurahan : BANJARARUM
Kapanewon : KALIBAWANG
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55672
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:199
    Kemarin:336
    Total Pengunjung:121.409
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.173.35.14
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 67.997 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 67.967 Kali
Sejarah Desa
05 Maret 2019 | 67.882 Kali
Pemerintah desa
05 Maret 2019 | 67.846 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 67.754 Kali
Data Desa
19 November 2019 | 67.748 Kali
coba
05 Maret 2019 | 67.734 Kali
Visi & Misi Kalurahan Banjararum

Statistik SID