You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Bumdes Targetkan Pendapatan Ratusan Juta

Administrator 06 Maret 2021 Dibaca 1.582 Kali
Bumdes Targetkan Pendapatan Ratusan Juta

Banjararum - Dalam upaya  meningkatkan pendapatan, Bumdes ARTHA ARUM awal tahun ini membuka dua unit usaha baru. Menurut keterangan direktur Bumdes Toni Okpiyanto, SH., dua unit usaha baru tersebut adalah produksi air mineral dengan teknologi KanGen Water Jepang dan pengelolaan sampah rumah tangga.

 

 Untuk unit produksi air mineral dengan merk "Tirta Arum" , Bumdes siap melayani masyarakat yang membutuhkan air minum berkualitas. Air mineral "Tirta Arum" berasal dari sumber air pegunungan alami, selanjutnya diproses dengan menggunakan peralatan modern teknologi KanGen Water Jepang dan sistem filterisasi menggunakan sinar ultra violet sehingga memenuhi standar SNI: 01-3553-1996. Tersedia berbagai kemasan mulai dari 100 ml, 200 ml 300 ml, 600 ml, 1 liter hingga galon isi ulang. Dibuka juga peluang kerjasama dengan masyarakat untuk menjadi agen penjualan atau reseller dengan penawaran menarik.

Sedangkan untuk unit pengelolaan sampah,  Bumdes menawarkan jasa pengambilan baik sampah rumah tangga biasa maupun dari kalangan usaha dan intansi. Pada saat pendaftaran pelanggan akan diberikan fasilitas tempat sampah (double box) untuk  ditempatkan di rumah masing-masing sebagi tempat penampungan sementara. Selanjutnya sampah akan diambil 2 hari sekali oleh karyawan Bumdes. Untuk tarif, bagi pelanggan rumah tangga biasa mulai 30 ribu sampai dengan 50 ribu per bulan, sedangkan untuk kalangan usaha dan intansi mulai 50 ribu sampai 100 ribu per bulan tergantung volume sampah yang diambil. 

 

 Pada tahun 2020 dengan dua unit usaha yaitu Simpan Pinjam dan Jasa penyewaan (tractor, molen dan lapak kios) Bumdes ARTHA ARUM mampu mendapatkan pendapatan bersih sebesar 170 juta. Dari jumlah tersebut disetorkan ke kas desa sebesar 86 juta dan menjadi bagian dari pendapatan asli desa. 

Sedang di tahun 2021 ini dengan adanya penambahan dua unit usaha baru, Toni menargetkan pendapatan bersih hingga mencapai 250 juta.  

"Optimis bisa mas, " kata Toni mantap . 

 

Ulu-Ulu banjararum Purwanto,S.Pt yang ditemui secara terpisah mengatakan pemerintah kalurahan sangat mendukung langkah yang diambil bumdes. Bumdes sebagai salah satu unit usaha desa memang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih terhadap pendapatan asli desa. "Kita dorong Bumdes untuk terus ber-inovasi dan melakukan diversifikasi usaha," tandas Purwanto.

"Semangat memajukan perekonomian desa
Rahmatullah 06 Maret 2021
"Mantap semoga makin maju lagi
Hanif 06 Maret 2021
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image