You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

UJI FUNGSI PAMSIMAS BANJARARUM

Administrator 09 Agustus 2021 Dibaca 1.162 Kali
UJI FUNGSI PAMSIMAS BANJARARUM

Banjararum.SID- Kalurahan Banjararum merupakan  merupakan salah satu lokasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat, Program Pamsimas III dilaksanakan untuk mendukung dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, yaitu (1) 100-100, yaitu 100% akses air minum dan 100% akses sanitasi, dan (2) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Melalui program Pamsimas dibangun sistem penyediaan air minum dan sanitasi (SPAMS) perdesaan berupa 1 unit bak bagi, 1 unit reservoir bak penampung, 1 unit pompa submersible, 1 jaringan listrik, dan jaringan pipa distribusi sepanjang 5898 meter.

Untuk kegiatan sanitasi dibangun sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebanyak 1 unit di lingkungan sekolah dan 1 unit CTPS ditempatkan di areal publik dan Sambungan Rumah (SR) terpasang 30 unit.

Dengan selesainya pembangunan SPAMS melalui program PAMSIMAS Kamis (05/08/2021)  dilakukan uji fungsi sarana.  Dalam acara tersebut hadir dari BPPW DIY,DPMU PAMSIMAS Kulon Progo, Lurah Banjararum, DC PAMSIMAS Kulon Progo,Tim Fasilitator,KKM Banjararum dan Satlak.

Tim DPMU PAMSIMAS Kab. Kulonprogo melakukan pengecekan lapangan terhadap SPAMS terbangun mulai dari bak bagi, reservoir, perpipaan, pompa, dan sarana CTPS, serta sambungan rumah (SR). Pengecekan dan pengamatan di lapangan untuk mencocokkan spesifikasi teknis dan keberfungsian sarana terbangun. Tim juga melakukan diskusi dengan warga penerima manfaat untuk  memastikan sarana menjangkau layanan di daerah/dusun yang tepat.

Dari hasil uji fungsi dan pengecekan lapangan  sudah bisa digunakan dengan baik, DPMU memberikan apresiasi kepada Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Satlak yang dapat menyelesaikan , program Pamsimas. Apresiasi juga diberikan kepada pemerintah Kalurahan atas dukungannya kepada KKM dan Satlak.

Dalam sambutannya H WARUDI selaku lurah Banjararum menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan kegiatan Pamsimas Banjararum dengan baik sehingga sudah bisa digunakan

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan melaksanakan program ini di akhir periode jabatan saya semoga bermanfaat untuk masyarakat Banjararum.

Semua kegiatan dilaksanakan dengan singkat  sesuai protokol kesehatan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image