Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Visi & Misi Kalurahan Banjararum

05 Maret 2019 14:36:52  WARUDI  67.646 Kali Dibaca 

RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA (RPJMDes) 2015-2021

Visi Desa

“ Desa Banjararum yang sejahtera, aman, damai, bermanfaat berdasarkan iman dan taqwa”.

 

Misi Desa

Untuk mewujudkan visi tersebut, perlu dijabarkan kedalam misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelayanan umum
  2. Meningkatkan kualitas infrstruktur wilayah dan permukiman
  3. Meningkatkan perekonomian dengan memperhatikan usaha mikro, tenaga kerja lokal, bahan baku lokal, serta mencegah berkurangnya lahan pertanian
  4. Meningkatkan kesadaran hukum, membangun etika dan melestarikan budaya yang positif
  5. Meningkatkan kesejahteraan sosial, pemberdayaan masyarakat dan gotong royong masyarakat
  6. Meningkatkan ketentraman, ketertiban dan kualitas hidup beragama serta kerukunan antar umat beragama
  7. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan perilaku hidup sehat dalam masyarakat.

 

Penjabaran dari Misi diatas :

  1. Misi 1 : Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelayanan umum. Pemerintahan yang baik dan pelayanan prima dapat terwujud melalui prinsip transparansi, akuntabel dan partisipatif. Transparan dimaksudkan sebagai terwujudnya prosedur penyelenggaraan pemerintahan yang bisa diketahui oleh masyarakat. Akuntabel berarti setiap penyelenggaraan pemerintahan bisa dipertanggungjawabkan menurut peraturan perundang – undangan. Partisipatif dimaknai sebagai pelibatan seluruh elemen masyarakat dalam perencanaan pembangunan.
  2. Misi 2 : Meningkatkan kualitas infrastruktur wilayah dan permukiman. Infrastruktur dimaknai sebagai sarana prasarana fisik yang digunakan oleh masyarakat umum. Infrastruktur yang memadai sangat berperan di dalam mendorong kegiatan ekonomi. Permukiman dimaksudkan sebagai rumah tinggal beserta lingkungannya. Dengan mewujudkan rumah tinggal yang layak huni dan ramah lingkungan diharapkan penghuninya bisa hidup layak dan sehat.
  3. Misi 3 : Meningkatkan perekonomian dengan memperhatikan usaha mikro, tenagakerja lokal, bahan baku lokal, serta mencegah berkurangnya lahan pertanian. Meningkatkan perekonomian dimaksudkan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat. Di dalam kegiatan ekonomi akan terjadi persaingan pasar, dan tugas pemerintah adalah melindungi pihak yang lemah sehingga bisa tetap bertahan / beroperasi. Usaha mikro dan tenagakerja lokal perlu ditingkatkan kemampuannya. Pengurangan lahan pertanian perlu diantisipasi karena dengan berkembangnya Kota Dekso, peningkatan jumlah penduduk dan permukiman berpotensi mengurangi lahan pertanian yang produktif.
  4. Misi 4 : Meningkatkan ketentraman, ketertiban, sopan santun dan melestarikan budaya yang positif. Ketentraman merupakan kondisi yang diharapkan masyarakat agar dapat melangsungkan kehidupan dengan tenang dan damai. Ketentraman merupakan jaminan bagi terselenggaranya pembangunan. Kondisi tentram akan tercapai apabila ketertiban dipenuhi dalam bentuk ketaatan terhadap hukum dan saling menghormati antar warga masyarakat.
  5. Misi 5 : Meningkatkan kesejahteraan sosial, pemberdayaan masyarakat dan gotongroyong masyarakat. Sejahtera dimaknai sebagai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (Sandang, Pangan, Papan), kesehatan dan pendidikan, sedangkan sosial dimaknai bahwa kesejahteraan tidak hanya dimiliki oleh orang perorangan tetapi merata di wilayah desa. Kesejahteraan sosial adalah tanggung jawab masyarakat mutlak harus dilakukan. Pemberdayaan masyarakat adalah meningkatkan kemampuan masyarakat sehingga bisa mandiri di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pemberdayaan masyarakat tidak bisa lepas dari budaya gotongroyong yaitu bahu membahu memikul tanggung jawab bersama sehingga bisa sejahtera bersama.
  6. Misi 6 : Meningkatkan kualitas hidup beragama, serta kerukunan antar umat beragama. Iman merupakan pengendali perilaku dari diri sendiri yang bersumber pada ajaran agama. Membangun manusia berarti membangun perilakunya. Membangun perilaku sadar harus diawali dengan membangun sikapnya. Sikap terbentuk dari berbagai faktor, dan salah satunya yang cukup penting adalah faktor pemahaman terhadap ajaran agama. Meningkatkan kualitas hidup beragama juga harus diimbangi dengan pemahaman terhadap perbedaan keyakinan yang harus diakui sebagai hak asasi manusia dan harus saling hormat – menghormati.
  7. Misi 7 : Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan perilaku hidup sehat dalam masyarakat. Pembangunan untuk meningkatkan perekonomian tetap harus memperhatikan aspek lingkungan hidup karena lingkungan hidup berpengaruh secara langsung terhadap kelangsungan hidup umat manusia.  Penyakit juga merupakan salah satu penyebab kemiskinan. Untuk itu, masyarakat juga harus selalu mendapat pencerahan tentang perilaku hidup sehat sebagai upaya pencegahan (preventif) terhadap timbulnya penyakit.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Persandian No. 06, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo
Kalurahan : BANJARARUM
Kapanewon : KALIBAWANG
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55672
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:434
    Kemarin:469
    Total Pengunjung:74.601
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.204.56.97
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 67.799 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 67.798 Kali
Sejarah Desa
05 Maret 2019 | 67.748 Kali
Pemerintah desa
05 Maret 2019 | 67.722 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 67.662 Kali
Data Desa
19 November 2019 | 67.661 Kali
coba
05 Maret 2019 | 67.646 Kali
Visi & Misi Kalurahan Banjararum
11 Februari 2021 | 258 Kali
BLT DD BANJARARUM part 1 #Mulai Dari Desa
20 Maret 2021 | 410 Kali
Bedug Bergema, MTQ resmi dibuka
05 Maret 2019 | 67.646 Kali
Visi & Misi Kalurahan Banjararum
18 Mei 2021 | 228 Kali
JADWAL DRIVE THRU SKCK
24 Maret 2021 | 548 Kali
Ngeyel, 11 orang terjaring operasi yustisi
08 Juli 2019 | 66.204 Kali
Maklumat PPID
12 Juni 2021 | 38.125 Kali
PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN

Statistik SID