You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARARUM
Kalurahan BANJARARUM

Kap. KALIBAWANG, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Sinau Bareng Perempuan,. Diskusi kreatif perempuan Banjararum

Administrator 17 Maret 2021 Dibaca 1.172 Kali
Sinau Bareng Perempuan,. Diskusi kreatif perempuan Banjararum

Puser, SID Banjararum-- Selasa (16/3/2021), Yayasan Kalyanamitra bekerja sama dengan Kelompok Sinau Bareng Perempuan Padukuhan Puser mengadakan pelatihan pengolahan melinjo menjadi emping. Sinau Bareng Perempuan merupakan kegiatan diskusi yang dilaksanakan diseluruh Padukuhan yang ada di Banjararum, dimana kegiatan ini diinisiasi oleh Kalyanamitra bekerja sama dengan pemerintah kalurahan dan telah berjalan selama selama dua tahun. Sementara dalam kegiatan Kelompok Sinau Bareng Perempuan Padukuhan Puser kali ini diikuti oleh 16 perempuan.

Dalam diskusi sebelumnya yang mengangkat tema pemetaan potensi Padukuhan,  tercetuslah ide pemanfaatan potensi yaitu pengolahan melinjo menjadi emping. Melinjo dipilih sebagai komoditas utama karena melihat banyaknya pohon melinjo yang tersebar di Padukuhan Puser serta panennya yang melimpah. Namun selama ini  warga hanya langsung menjual hasil panen melinjo dengan harga yang relatif murah,  di kisaran harga Rp 3.000 – Rp 10.000  per-kilonya.

Kalyanamitra kemudian memberikan fasilitas pelatihan dengan mendatangkan pembuat emping melinjo yaitu Menik Sulastri yang juga merupakan Kader Perempuan Banjararum. Menik Sulastri sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai ahli pembuat emping melinjo. Menik Sulastri mengaku senang karena dapat berbagi ilmu tentang pembuatan emping melinjo juga tentang cara pemasarannya kepada sesama kelompok perempuan  Banjararum bahkan tidak menutup kemungkinan untuk ada kerja sama antara Kelompok Perempuan Puser dengan dirinya.
Pelatihan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya merupakan percobaan awal dengan bahan dan alat yang belum maksimal. Pada latihan ke dua ini Kalyanamitra memberikan dukungan alat untuk pembuatan emping melinjo yang kemudian kedepannya bisa dimanfaatkan oleh kelompok.
Anggota kelompok mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena mendapatkan ilmu baru untuk mengenali potensi wilayahnya juga pengolahan potensi wilayah. “Kami sangat senang sekali bisa belajar cara membuat emping dari awal sampai sudah digoreng sudah matang, semoga bisa berjalan sampai berhasil”, kata Riyanti salah satu anggota kelompok.

Kalyanamitra akan terus melakukan pendampingan dalam memaksimalkan latihan hingga kemudian siap untuk melakukan produksi dalam skala besar. Kegiatan ini tentu juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kalurahan Banjararum. Kalyanamitra juga berharap kedepannya kegiatan ini tetap bertahan dan berjalan walaupun tanpa pendampingan lagi dari Kalyanamitra. Perempuan diharapkan menjadi lebih berdaya dan bisa memaksimalkan potensi yang ada di lingkungan sekitarnya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image